aku adalah aku...

Foto saya
malang, jawa timur, Indonesia
sangat disayangkan menjadi orang pinter tapi gk bener...tp kl jadi orang bener tapi gk pinter malah tambah gampang di tipu..enaknya trus belajar supaya pinter biar bisa jadi orang bener supaya bisa bermanfaat buat orng lain.

Selasa, 22 November 2011

Peran Strategis dari Distribusi


Sebuah jaringan distribusi yang baik akan memberikan keunggulan kompetitif bagi sebuah perusahaan. Keunggulan kompetitif ini tercipta melalui penciptaan nilai yang semakin meningkat sebagai hasil dari kerja sama antara organisasi yang terlibat di dalam aktifitas distribusi produk perusahaan. Distribusi yang baik dapat menjangkau konsumen secara luas dan dengan cara memberikan kemudahaan dan manfaat yang lebih kepada pelanggan.
Saluran distribusi merupakan jaringan organisasi rantai nilai yang menjalankan fungsi sebagai penghubung barang dan jasa dengan pemakai akhirnya. Saluran distribusi terdiri dari institusi dan agensi yang saling terkait dan saling ketergantungan serta berfungsi sebagai suatu sistem atau jaringan  dalam upaya perusahaan untuk memproduksi dan mendistribusikan produk pada pemakai akhir. Misalnya rumah sakit, jasa ambulan, dokter, laboran, perusahaan asuransi kesehatan dan toko obat/apotek menciptakan saluran distribusi untuk jasa pelayanan kesehatan. Organisasi pelayanan kesehatan yang dikelola dengan mengkoordinasikan aktifitas-aktifitasnya secara lebih baik dengan anggota saluran akan menghasilkan kepuasan yang tinggi dari  pengguna jasa kesehatan organisasi tersebut.
Aktifitas-aktifitas untuk nilai tambah diperlukan dalam perpindahan produk dari produsen ke pemakai akhir. Beberapa aktifitas  nilai tambah yang dilakukan oleh saluran distribusi diantaranya :
1.      Aktifitas jual dan beli.
2.      Perakitan produk.
3.      Transportasi.
4.      Fasilitas finansial.
5.      Memproses dan penyimpanan produk.
6.      Periklanan dan Promosi penjualan.
7.      Memperkecil resiko.
8.      Komunikasi.
Pelayanan purnajual

Tidak ada komentar:

Posting Komentar